MENYILANGKAN ADENIUM

Menyilangkan Adenium bertujuan untuk mendapatkan tanaman baru yang mewarisi sifat-sifat unggul induknya. Sifat-sifat unggul yang diinginkan pada tanaman adenium diantaranya : Bentuk Bunga Adenium , Warna dan corak Bunga Adenium , Warna dan corak daun , Bentuk tanaman dan percabangan. kekompakan dan frekuensi pembungaan maupun kemampuan menghasilkan biji yang banyak untuk keperluan perbanyakan Adenium.

Hal yang perlu diperhatikan dari pebanyakan adenium hasil persilangan adalah sangat tidak layak kalau mengatakan biji hasil persilangan dengan nama induknya. Akan lebih baik mengklasifikasikannya hanya berdasarkan warna bunga ataupun karakter dominan lainnya. Karena untuk pemuliabiakkan tanaman membutuhkan metode dan prosedur standar , sampai pada tahapan hasil persilangannya dapat diklaim sama dengan induknya dan stabil yang akan menghasilkan anakan yang relatif sama dengan induknya.

A. PERSIAPAN MENYILANGKAN ADENIUM
Langkah-langkah persiapan untuk menyilangkan adenium , pertama adalah menyiapkan calon induk adenium. indukan yang dipilih sebaiknya yang memiliki keunggulan-keunggulan diatas dan juga sesuai tujuan penyilangan umumnya yaitu mencari corak warna bunga. Untuk mengembangkan warna dan pembibitan yang baik harus diperhatikan karakter yang dibawa oleh masing-masing species adenium misalnya adenium Swazicum yang meberikan warna bunga yang kompak dan seimbang , Species Crispum yang cenderung menghasilkan turunan yang memiliki corak dan kelopak bunga yang berbentuk melingkar dan meruncing pada ujung petal bunganya. serta asal-usul indukan yang digunakan.Hal terpenting , Indukan haruslah memiliki besar yang cukup , untuk dapat menghasilkan biji dalam jumlah banyak dan sehat.

Untuk pemilihan bunga yang akan disilangkan harus memperhatikan :

B. LANGKAH-LANGKAH PENYILANGAN ADENIUM (HAND POLLYNATED ADENIUM)

Setelah dipilih indukan Adenium yang akan disilangkan yang perlu diperhatikan adalah tingkat kesegaran bunga yang dapat dikawinkan dapat dilihat pada tabel berikut ini :
L langkah penyilangannya sebagai berikuti :
1. Pilih bunga-bunga yang sehat dan berumur 3 hari.
2. Buang 5 bagian filament yang berbentuk benang dengan cara dicabut/ditarik.
3. Buka bagian kuncup didalam bunga yang berisi serbuk sari (pollen) dengan cara ditekan sedikit.
4. Ambil dan basahi dengan air , kuas kecil No.1 atau 2 yang biasa digunakan untuk cat air , untuk mengumpulkan serbuk sari. Serbuk sari terlihat seperti pasir lembut berwarna kekuningan. Usap pelan-pelan sampai terlihat serbuk sari menempel di ujung kuas.

Langkah 2:

1. Pilih bunga tanaman yang akan anda silangkan. Bunga yang dipilih adalah yg telah berumur 2-3 hari.
2. Buang bagian filament yg berbentuk 5 benang dengan cara dicabut/ditarik.
3. Buka bagian kuncup didalam corong bunga , sehingga terlihat bagian stigma (kelamin betina). Bagian stigma ini berwarna putih kehijauan dan agak lengket karena seperti dilapisi cairan.
4. Masukkan kuas tadi yang berisi serbuk sari kedalam stigma. Lalu usapkan perlahan2 pada bagian stigma.
5. Setelah 4 hari bunga akan gugur. Bunga yang gugur lebih cepat menandakan penyerbukan/pembuahan berhasil. Jika bakal buah terlihat hijau dan agak membesar berarti pembuahan berhasil. Jika bakal buah terlihat kemerahan dan coklat biasanya akan cepat gugur , dan pembuahan gagal.

0 Response to "MENYILANGKAN ADENIUM"

Related Posts with Thumbnails