Robot Meccano Spykee, Pengintai Supercanggih


Inovasi bergerak sangat cepat dalam dunia teknologi. Setiap produk baru yang dirilis pasti tidak berhenti “berbenah”. Pasti ada upgrade untuk tiap bagiannya. Nah, hal itu juga terjadi pada Spykee, robot buatan Erector Meccano dari Inggris. Itu adalah robot wi-fi yang bisa difungsikan layaknya mata-mata. Robot tersebut terus mengalami perkembangan sejak diciptakan kali pertama pada 2006.
Keistimewaan utama Spykee adalah fitur yang menawan. Ia bisa berfungsi sebagai kamera CCTV. Mirip kamera-kamera pemantau keadaan yang dipasang dalam mal, hotel, atau tempat-tempat lain.

Bedanya, Spykee tidak hanya diam mematung. Ia juga bisa berjalan. Bergerak maju dan mundur, membelok ke kiri dan kanan. Bila si pemilik ingin memusatkan perhatian pada sebuah titik, ia tinggal memerintah Spykee mengawasi titik tersebut. Sayang, Spykee tidak dirancang untuk bisa naik tangga.

Lantas, bagaimana seandainya ada penyusup tiba-tiba masuk ke dalam rumah yang dipasangi Spykee? Ia tidak akan tinggal diam. Adanya sensor terhadap gerakan membuat kamera Spykee bisa mengambil foto objek itu. Setelah itu, sang robot akan mengirimnya lewat e-mail.

Bahkan kalau kita mau, hal tersebut bisa digabungkan dengan suara sirene. Jadi, kalau ada penyusup masuk rumah, si pemilik segera mengetahui. Artinya, Spykee bisa mengambil gambar diam maupun merekam video.

Masih ada keunggulan lain dari Spykee sebagai robot pengintai. Yaitu, kemampuannya yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Bisa saja Spykee ada di rumah dan si pemilik mengendalikan Spykee dari mana saja di dunia ini. Namun, ada satu syarat untuk bisa memanfaatkan fitur itu. Pengendali harus terhubung internet dan connect dengan layanan video call skype.
Kalau baterai ponsel melemah, tentu kita harus mengisi ulang. Biasanya, kita akan menghubungkan dengan sumber listrik. Begitu pula Spykee. Kalau baterai sudah melemah, ia harus isi ulang baterai agar bisa tetap berkerja.

Uniknya, Spykee bisa melakukan charging secara otomatis. Tanpa bantuan manusia sekalipun. Spykee akan mendatangi dan menghubungkan dirinya dengan tempat charging. Tempat itu khusus dibuat untuknya. Baterai pun terisi sampai penuh.
Apakah itu saja kelebihan Spykee? Tidak. Masih ada beberapa lagi kepintarannya. Spykee bisa digunakan untuk bertelepon lewat internet. Atau, bahasa populernya adalah VoIP. Dengan begitu, si pemilik bisa bertelepon dengan siapa saja yang dia lihat melalui kamera Spykee.

Ia juga bisa menjadi music player. File yang bisa diputar adalah berformat MP3. Spykee juga bisa difungsikan sebagai webcam. Pengguna bisa mengobrol dengan sahabat karib lewat internet. Sebuah fitur yang canggih untuk ukuran robot mainan.
Inovasi Spykee tidak hanya ada pada dalamannya. “Baju” robot itu bisa diganti bila bosan dengan tampilannya. Disediakan tiga jenis baju berbeda untuk dipakaikan kepada Spykee.

Hidup ini memang seimbang. Sesempurna apa pun sebuah robot, mustahil tanpa kekurangan. Sisi minus yang paling jelas adalah robot tersebut tidak bisa diprogram ulang.
Sekarang Spykee sudah dipasarkan di Amerika Serikat. Harga jualnya USD300 atau setara dengan Rp3,5 juta.

Spesifikasi Robot Meccano Spykee
Software khusus Spykee
Wi-fi radius 100 m
Bisa bergerak maju, mundur,serta belok kiri dan kanan
Kamera dengan resolusi 320 x 200 piksel
Lampu optikal
Aplikasi konsumen
Software firmware
Koneksi internet
Remote spy
Home security monitor
VoiP phone
Mp3 player
Self-recharging

Read more: http://haxims.blogspot.com/2009/12/robot-meccano-spykee-pengintai.html#ixzz0b9FDiv8h
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial No Derivatives

0 Response to "Robot Meccano Spykee, Pengintai Supercanggih"

Related Posts with Thumbnails