Mengapa Pria Lebih Cepat Alami Kebotakan

Sindroma ini terjadi pada 95% pria yang alami kebotakan pada usia 20 - 50 tahun.


Rambut menipis yang berangsur-angsur menimbulkan kebotakan merupakan salah satu hal yang paling ditakuti pria seiring bertambahnya usia. Sindroma ini terjadi pada 95% pria yang mengalami kebotakan pada usia 20 - 50 tahun.

Menurut Pat F. Bass II, MD, MPH, pakar kesehatan dari Louisiana State University, AS, pria dapat mulai mengalami kebotakan paling cepat sejak usia 18 tahun dan paling lambat ketika mereka berusia 50-an atau 60-an. "Sebanyak 12 persen pria menjadi botak di usia 25 tahun. Angka ini melompat menjadi 37 persen untuk usia 35 tahun, dan 45 persen untuk usia di atas 45 tahun," ujar Bass.

Tanda-tanda yang jelas dari kebotakan khas pria, menurut Bass, bisa dilihat dari mundurnya garis rambut, tumbuhnya titik kebotakan pada pusat rambut, atau pada keduanya. Pada umumnya, pria yang mulai mengalami botak lebih awal cenderung kehilangan rambut lebih cepat dan lebih banyak daripada mereka yang baru mulai mengalami kebotakan pada usia lebih lanjut.

Apa penyebabnya? "Kebotakan pola pria adalah suatu pola khusus yang disebabkan oleh perubahan hormon dan faktor keturunan. Kebotakan terjadi karena adanya penciutan akar rambut yang menghasilkan rambut yang lebih pendek dan lebih halus. Hasil akhir dari keadaan ini adalah akar rambut yang sangat kecil, yang tidak memiliki rambut.

"Penyebab gagalnya pertumbuhan rambut baru belum sepenuhnya dimengerti, tetapi hal ini berhubungan dengan faktor keturunan dan hormon androgen, terutama dihidrotestosteron yang berasal dari testosteron," kata Bass menambahkan.

0 Response to "Mengapa Pria Lebih Cepat Alami Kebotakan"

Related Posts with Thumbnails