Cegah Kanker Prostat dengan Kopi

Ada takarannya agar minuman mengandung kafein ini tidak menimbulkan masalah kesehatan lain

Kopi bisa mengurangi risiko penyakit kanker prostat pada kaum pria. Hal tersebut diketahui dari penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Harvard Medical School, Amerika Serikat.

Penelitian tersebut dilakukan pada 50.000 pria yang secara teratur minum kopi. Hasilnya menunjukkan risiko kanker prostat pada pria yang minum kopi secara teratur berkurang hingga 60 %.

Tim peneliti memperkirakan zat yang terkandung dalam kopi bisa menekan pertumbuhan sel kanker. Menurut peneliti, kopi memiliki efek pada metabolisme insulin dan glukosa, sama seperti hormon seksual yang memegang peranan penting dalam kanker prostat.

"Hanya sedikit faktor gaya hidup yang berhubungan langsung dengan risiko kanker prostat. Penemuan ini sangat menggembirakan terutama bagi para pencinta kopi," kata Helen Rippon, dari Prostate Cancer Charity, seperti VIVAnews kutip dari DailyMail, 9 Desember 2009.

Menurut Rippon, penelitian tersebut bisa menjadi petunjuk bahwa minum kopi secara teratur bisa mengurangi risiko kanker prostat yang. Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kandungan dalam kopi yang bisa menekan tumbuhnya sel pemicu kanker prostat.

"Kami tidak merekomendasikan pria untuk banyak minum kopi karena kandungan kafein yang tinggi dan bisa membahayakan kesehatan," kata Rippon.

Anjurkan pada pasangan dan teman-teman pria Anda untuk mengonsumsi kopi secangkir kecil per hari. Tapi ingat, jangan berlebihan. Hal itu agar kopi bisa mengurangi risiko kanker prostat dan tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Imbangi juga olahraga minimal 15 menit setiap hari untuk mengurangi risiko kematian akibat kanker prostat.

0 Response to "Cegah Kanker Prostat dengan Kopi"

Related Posts with Thumbnails