Tidak ada satupun pria setia di muka bumi ini???


"There are no difference between a wise man and a fool, when they fall in love." (anonymous)

Wups! judulnya 'ngebuat konfrontasi ya? 'ngebuat emosi atau jangan-jangan sudah ada yang maki-maki? hehehe... Tunggu dulu... Jangan marah dulu... Kan baru judul... Kalau ada pepatah mengatakan 'don't judge a book by its cover', kali ini mungkin saya akan mengatakan 'don't judge a book by its title...' hehehe... Paragraf pertamanya saja belum mulai, jadi stay cool dulu ya... Walaupun judulnya seperti itu, tapi isi tulisan saya ini sama sekali tidak menyudutkan kaum adam, bahkan mungkin sedikit menyelamatkan posisi Anda sebagai seorang pria. Hehehe...
Tulisan saya yang satu ini bukan hanya berdasarkan opini saya semata, tetapi benar-benar ada studi literaturnya (ini mengartikan adanya sumber penelitian). Namun sejujurnya saya tidak tahu pada jurnal siapa, mana, atau apa yang menjabari hal yang akan saya ceritakan sebentar lagi. Karena saya mengetahui hal ini pun setelah diceritakan oleh salah seorang sosok pria yang hebat yang pernah ada dalam hidup saya (siapa dia? akan saya ceritakan pada kesempatan yang lain). ;)

Judul tersebut memang benar adanya. Saya mengetahui hal ini dari seorang pria dan temannya teman saya yang juga seorang pria mengatakan hal yang sama. 'Tidak ada pria yang setia di dunia ini.' Mereka mengatakan itu bukan berarti mereka gemar berselingkuh lalu melakukan pembelaan dengan memberi pernyataan tersebut. Namun seperti yang sudah saya katakan, bahwa ini ada studi literaturnya.

Mau tahu kebenarannya? saya akan jelaskan.

Pertama, kita bicara tentang wanita dulu. Wanita hanya dapat mencintai 1 pria pada 1 waktu! (cinta di sini adalah cinta antara wanita dan pria, jadi di luar cinta terhadap ayah/saudara pria). Atau dengan kata lain hati wanita hanya dapat diisi dengan 1 orang pria yang ia cintai pada 1 waktu.
"Ah, yang benerrr?? Buktinya ada wanita yang berselingkuh?" (mungkin ini pertanyaan yang langsung melesat pada pikiran Anda saat ini).
Memang ada! saya tidak pernah mengatakan tidak ada wanita yang tidak berselingkuh. Yang ingin saya jelaskan adalah yang mereka alami, mereka sedang tidak mendua atau berbagi hati, tetapi berpindah hati!
Ya! Wanita memiliki kapabilitas untuk berpindah hati! Maksudnya?
Ok, saya membuat ilustrasi seperti ini: Ada seorang mahasiswi bernama Lisa. Ia sudah mempunyai pacar bernama Andi yang berkuliah di tempat yang sama. Setiap hari setelah usai kuliah, Lisa mengikuti kursus bahasa Inggris. Di sana ia mempunyai teman sekelas bernama Heri. Kita anggap saja cinta Lisa terhadap Heri diberi nilai 10. Sedangkan Lisa terhadap Heri tentunya 0 (pada awalnya). Seiring berjalannya waktu, setelah mengenal Heri lebih dekat , Lisa merasa Heri lebih baik dari Andi. Nah... Di sinilah nilai 0 tadi naik menjadi 1! dan nilai Lisa terhadap Andi berkurang menjadi 9 karena Andi tak sebaik Heri di matanya. Kian hari Lisa merasa Heri jauh lebih care, lebih pengertian, lebih ini itu sebagai seorang pria dibanding Andi. Maka tak ayal bertambahlah terus nilai Heri dan berkuranglah terus nilai Andi hingga 0.
Jadi, yang mengisi hati Lisa sekarang adalah Heri, bukan Andi.

Nah, sedangkan pria memiliki kapabilitas untuk berbagi/bercabang hati dalam waktu yang bersamaan! dan ini adalah hukum alam!
Pria bisa mencintai 2 wanita bahkan lebih dalam satu waktu yang sama! Jadi, kalau ada yang menduakan kekasih pertamanya, bukan berarti ia tidak mencintai lagi kekasihnya itu, tetapi hatinya bercabang pada wanita yang lain.
So, ini yang membuat saya makin yakin dengan intuisi saya yang kuat terhadap seorang public figure yang telah bercerai dengan istrinya karena ketahuan mendua hati, saya yakin bahwa ia masih sangat menyayangi istrinya walaupun mungkin di hatinya kini juga ada wanita lain.

"Ah, banyak juga kok pria yang setia dengan 1 pasangan sampai akhir hayatnya!" Pasti ini yang ada dalam benak Anda saat ini.
Sekarang saya tanya pada Anda, apakah tangan anda capable untuk melempar pc/laptop yang ada di hadapan Anda sekarang? Ya pasti bisa (capable)! Karena tangan Anda memang memiliki kapabilitas untuk melempar barang-barang tersebut. Tapi mengapa tidak Anda lakukan? karena Anda TIDAK MAU bukan?
Jadi, bagi mereka yang tidak berpindah hati ataupun tidak bercabang hati, bukan berarti mereka tidak capable tetapi karena mereka memilih untuk tidak mau!

Ini tugas yang gampang-gampang susah kalau menurut saya. Bagi mereka yang memang telah berhasil setia pada pasangannya sampai akhir hayatnya pun, kita juga tidak tahu apakah selama perjalanan hidupnya bersama pasangannya benar-benar tidak ada 'orang lain' lagi dalam hati mereka? Namun, bagaimanapun mereka terbukti bisa setia dengan pasangannya hingga akhir waktu.

Ini juga tergantung individu masing-masing. Ada orang yang mudah jatuh cinta/mudah tertarik pada orang lain, pastinya lebih rentan untuk bermain hati dibanding yang tidak. Selain itu, kepercayaan, budaya, kebiasaan, prinsip hidup, kemampuan pengendalian diri, juga menjadi faktor yang mempengaruhi seseorang menjadi setia atau tidak.

Maka benar bila dilihat dari sisi agamispun, di kitab suci tertulis jagalah hatimu (berarti kita punya tugas untuk menjaga hati kita masing-masing). Jadi, setelah saya menceritakan hal-hal ini bukan berarti kita seenaknya saja mendua, mentiga, meempat, atau seterusnya... hehehe... lalu dengan tenangnya berkata, ah, namanya juga hukum alam... bukan! tapi justru sekali lagi kita jadi makin mengerti perintah yang ada di kitab suci bukan sembarang ditulis tapi ada dasarnya.

Hidup seperti sekolah. Selalu ada ujiannya. Dan yang selalu diuji adalah hati kita. Lulus atau tidaknya semua penilaian akan kita terima setelah kita meninggalkan hidup ini.
Ini merupakan salah satu ujian juga bagi hati kita. Karena kalau tidak, mengapa kita harus tercipta seperti ini?
Memang kita tak bisa menutup mata bahwa selalu ada rumput yang lebih hijau. Maka itu yang penting adalah bagaimana kita bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki, adanya kesadaran akan komitmen yang kita sudah kita buat, dan selalu mengendalikan perasaan kita sebagai bagian dari tugas kita di dunia ini.


nicetobeoki.blogspot.com

0 Response to "Tidak ada satupun pria setia di muka bumi ini???"

Related Posts with Thumbnails