Ciptakan Dapur Masa Depan Bersama Electrolux

Lihat Gambar
Kompor Masa Depan Heart of Home,
KapanLagi.com - Menurut data dari PBB, 74% dari populasi dunia akan tinggal di daerah perkotaan pada tahun 2050. Dengan tingginya level urbanisasi, masyarakat dituntut untuk lebih mempertimbangkan bagaimana memanfaatkan ruang, energi dan lingkungan secara efisien. Dengan latar belakang tersebut, Electrolux berinisiatif untuk mengembangkan konsep desain baru yang menggambarkan kehidupan masyarakat di masa yang akan datang.

Bayangkan apabila kita dapat memasak tanpa menggunakan panci dan wajan, tidak perlu lagi membaca buku resep atau tidak perlu khawatir akan kesegaran bahan makanan. Heart of Home merupakan ide masa depan yang memadukan meja dapur dan kompor dalam satu kesatuan.

'Heart of the Home' merupakan meja masak yang pintar yang dapat menyesuaikan bentuk sesuai dengan kebutuhan memasak. Hanya dengan menempatkan satu bahan makanan di atas kompor, 'Heart of the Home' akan menganalisa bahan tersebut dan menampilkan berbagai macam resep yang sesuai dengan bahan. Setelah memilih resep masakan yang diinginkan, pengguna dapat mengatur besar area memasak yang diinginkan hanya dengan menyentuh permukaan meja. Sedangkan kedalamannya dapat diatur dengan menekan permukaan meja yang lunak sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, menyentuh permukaan meja juga dapat dilakukan untuk menetapkan waktu dan temperatur yang diperlukan saat memasak.

Sejarah Heart of the Home

Pada tahun 2008 untuk pertama kalinya dalam sejarah masyarakat lebih banyak tinggal di wilayah perkotaan dibandingkan pedesaan. Menurut data PBB, telah diperkirakan bahwa pada tahun 2050, 74% populasi dunia akan tinggal di perkotaan. Sebagai referensi, pada tahun 1950, hanya 29% penduduk yang tinggal di daerah perkotaan. Berdasarkan perkiraan berikut, Electrolux mengembangkan Heart of Home sebagai ilustrasi apa yang akan dihadapi masyarakat pada tahun 2050:

Kebutuhan sosial sangatlah penting. Aktivitas sosial merupakan bagian penting dari kehidupan, terutama dengan keluarga dan teman. Peningkatan penggunaan peralatan berteknologi tinggi dalam bersosialisasi merupakan tanda bahwa kita ingin mengalami kehidupan sosial yang nyata dan sesungguhnya.

Kita membutuhkan rumah yang minimalis. Dengan keterbatasan ruang di kota besar di masa depan, rumah harus lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan berbagai situasi. Begitu juga dengan peralatan rumah tangga. Tidak akan ada ruang yang tersisa untuk peralatan yang hanya mempunyai satu fungsi.

Masyarakat harus lebih efektif. Ketika 74% dari 9 milyar orang tinggal di daerah perkotaan, setiap orang harus menyesuaikan gaya hidup mereka dengan apa yang tersedia. Pengolahan kembali barang-barang yang tidak terpakai harus dilakukan. Produk dan tempat yang hemat energi lebih dibutuhkan dari sebelumnya.

Kita tidak dapat bertahan tanpa teknologi. Teknologi sangatlah penting saat ini, namun pada tahun 2050 kita tidak dapat hidup tanpa teknologi. Kecanggihan teknologi merupakan suatu kebutuhan untuk dapat terus berkembang baik dalam lingkup lingkungan dan sosial.

Heart of the Home pertama kali diperlihatkan di DesignBoost di Stockholm pada 12 Februari 2010. Design Boost adalah seminar di mana para ahli berkumpul dan mendiskusikan pikiran inovatif mereka dalam meningkatkan kompetensi suatu produk melalui desain dan fungsi kreatif lainnya secara menyeluruh.

0 Response to "Ciptakan Dapur Masa Depan Bersama Electrolux"

Related Posts with Thumbnails