5 Hal Penyebab Kulit Stres

Lihat Gambar

Ada orang yang stres dan menari-nari di tengah publik, ada pula yang stres kemudian sebentar menangis dan sebentar tertawa, dan mungkin ada yang stres ringan banyak makan dan menjadi gemuk. Tetapi bagaimana jika yang stres adalah kulit Anda?

Kedengarannya memang lucu, tapi ini kenyataan lho!

Siapa bilang hanya otak saja yang bisa stres, kulit Anda juga bisa stres kok. Jangan ketinggalan, kenali gejala stres pada kulit berikut ini:

1. Kusam dan terlihat lebih hitam dari pada biasanya

2. Kering, dan saat Anda memegangnya terasa kasar seperti daun kering kerontang

3. Warnanya tidak cerah dan terlihat lebih sendu

4. Tidak bersinar, dan timbul noda di mana-mana

5. Bagaikan baju yang belum disetrika, kusut dan berkerut

Nah, apakah kulit Anda memiliki ciri-ciri tersebut? Kenali juga penyebab kulit stres, berikut ini:

1. Tidak mendapatkan perlindungan sinar matahari yang cukup

Anda tentu sudah tahu bahwa sinar matahari sangat jahat pada kulit. Sinar UV ini bisa menyebabkan bintik-bintik, noda di wajah dan lebih parahnya bisa menyebabkan kanker kulit.

Kulit yang terlampau lama terkena paparan sinar matahari bisa stres, apalagi jika Anda tidak mengenakan tabir surya dan membiarkannya merah gosong terbakar sinar matahari.

2. Asap Rokok

Asap rokok adalah hal jahat kedua setelah sinar matahari. Tanpa Anda sadari sebenarnya asap rokok adalah racun yang perlahan membunuh kulit Anda, membuatnya tidak bernafas dan merasuk pada pori-pori kulit. Bagaikan asap polusi yang menempel pada tembok, lambat laun asap rokok akan tinggal di pori-pori dan membuat kulit Anda tampak lebih hitam

Residunya menyumbat pori dan pada akhirnya menimbulkan berbagai macam jerawat atau noda hitam di wajah.

3. Alkohol atau minuman keras

Alkohol adalah hal terjahat ketiga yang membuat kulit Anda dehidrasi. Bayangkan saja, contohnya alkohol yang biasa dimanfaatkan untuk membersihkan luka, alkohol itu saja bisa sekejap membuat kulit di sekitarnya yang disentuh menjadi kering. Nah apalagi jika Anda membiarkan alkohol masuk ke dalam tubuh.

Pastinya alkohol akan membuat air di dalam kulit Anda kering dan menguapkannya entah ke mana.

4. Gula atau pemanis

Para pecinta gula, cokelat, permen dan makanan manis lainnya, perhatikan baik-baik bahwa manisnya gula tak baik bagi kulit Anda. Gula akan menyumbat pori-pori dan membuat susunan kolagen dalam kulit longgar.

5. Dehidrasi, kurang minum air mineral

Anda tahu aturan 8-10 gelas air mineral per hari, tetapi Anda sering lupa diri dan meremehkan hal tersebut. Tetapi tahukah Anda bahwa kulit Anda menderita?

Kulit begitu membutuhkan asupan air untuk mengaliri masing-masing pori-pori kulit agar tetap lembab. Tetapi jika Anda tak mencukupi kebutuhan air tersebut akhirnya kulit akan kering dan mengalami dehidrasi.

Nah, selamatkan kulit Anda dari stres sekarang juga!

0 Response to "5 Hal Penyebab Kulit Stres"

Related Posts with Thumbnails