Cemilan Manis Khas India

Yang namanya makanan India, di otak kita tentunya sudah terbayang makanan dengan tingkat kepedasan ekstra. Memang makanan India terkenal selain menggunakan berbagai macam cabe, ternyata juga menggunakan berbagai macam bumbu yang bukan meredam rasa panas cabe yang ada, tapi malah akan memperkuat panas yang ada.

Nah... cara terbaik meredam panas cabe, ternyata menurut orang India adalah dengan memakan makanan manis ala dessert. Jangan salah, ternyata banyak banget lho makanan manis bikin gigi sakit ala India. Mereka seringkali membuat makanan manis ini dari susu, ghee (mentega cair) dan gula. Banyak sekali macam cemilan manis yang kita bisa coba lho!

Jika Anda ingin mencoba cemilan manis ala India, cari para pembuat cemilan manis yang dikenal dengan nama Halwai. Mereka ini biasanya mendapat keahlian membuat cemilan manis ini secara turun temurun, dan banyak ditemui di berbagai belahan India, baik utara maupun selatan, walaupun dengan rasa dan tekstur yang khas masing masing daerah.

Gulab Jamun

Dessert ini adalah bola adonan yang dibuat dari bahan padat susu, dan kemudian digoreng. Makanan ini sangat terkenal di India. Biasanya Gulab Jamun disajikan dengan sirup gula yang yang dicampur dengan air mawar atau bunga pala. Menurut orang bule, cara terbaik menikmatinya adalah dengan disajikan panas-panas plus es krim vanila. Salah satu variasi dari Gulab Jamun adalah Kala Jamun (Kala berarti hitam). Adonan Gulab mendapat tambahan gula pada saat dipersiapkan. Karena panasnya suhu penggorengan, maka gula yang ada akan berubah menjadi karamel dan menyumbangkan warna hitam di Jamun ini.

Jalebi

Makanan manis ini berasal dari India Barat, lebih tepatnya dataran Gujarat. Cemilan manis yang satu ini punya banyak macam warna variasi, biasanya antara oranye, kuning atau terkadang merah. Makanan ini dibuat dari adonan yang kemudian dibentuk seperti kerupuk dan digoreng dalam minyak panas yang banaj sekali. Jalebi ini lebih baik dimakan hangat hangat, karena cenderung cepat menjadi lembek.

Ladoos

Ladoos atau Laddus ini adalah gorengan bola tepung dan gula, yang kemudian dicampur dengan berbagai bahan, seperti kacang mede, almond, kismis, dll. Beberapa tipe laddus bahkan dibuat dari kacang dan wijen dan kemudian dicampur dengan sirup gula agar lengkat dan membentuk bola. Laddus tidak hanya dimakan sebagai cemilan atau makanan penutup, tapi juga sebagai hidangan di berbagai upacara keagamaan India dan juga pesta pernikaha

Peda

Bukan ikan, tapi makanan manis yang biasa tersedia di berbagai belahan dunia India. Peda biasanya dibuat dari bahan padatan susu yang biasa disebut Khoa, yang didapat dari susu yang dikentalkan. Peda, seperti makanan India pada umumnya memiliki berbagai variasi karena dikombinasikan dengan berbagai bahan lain pula seperti bunga pala, kapulaga, dan beberapa jenis bumbu lain.

Kheer

Kheer atau bubur nasi manis ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk di India, di India Utara, makanan ini dibuat dengan cara merebus beras, susu dan gula, sementara di daerah India selatan, masakan ini disebut Payasam. Biasanya dalam makanan ini ditambahkan berbagai bahan seperti kapulaga, kismis, pistachio dan almond. Payasam di India Selatan, lebih banyak menggunakan santan daripada susu. Sedangkan variasi lain yang dibuat menggunakan bahan seperti mie tipis-tipis (seperti bihun) dan susu, adalah hidangan khas Lebaran di kalangan penduduk Muslim India

Barfi

Mungkin Barfi ini adalah cemilan manis paling umum di India. Cemilan ini adalah cemilan yang selalu akan Anda temui dengan mudah di berbagai Mithai (toko cemilan khas India). Barfi akan ditata dengan rapi dengan berbagai bentuk dan warna menarik. Bahan pembuat Barfi adalah susu kental dan gula yang dimasak sampai lebih kental dan akhirnya memadat. Berbagai warna Barfi menentukan bahan campurannya. Warna hijau berarti bahwa Barfi tadi mengandung kacang pistachio, warna putih berarti barfi almond, sedangkan barfi warna krem adalah Kaju Barfi, yang mengandung kacang mede, merupakan Barfi favorit di India.

Hiasan yang paling banyak ditemui untuk makanan manis di India adalah Varak, semacam kertas perak yang bisa dimakan.

Ada yang mau coba? Tapi ntar dulu... sehabis puasa baru boleh ya!

0 Response to "Cemilan Manis Khas India"

Related Posts with Thumbnails