Khasiat Kesehatan Buah Strawberry


Lihat Gambar
KapanLagi.com -


Oleh: Agatha Yunita

Jika Anda pergi ke Bandung, jangan lupa mampir ke Ciwidey, di sana bertaburan ladang strawberry dengan buahnya yang merah dan menyegarkan, membuat Anda menjadi gemas dan ingin memakan semuanya Strawberry yang ada. Perkebunan Strawberry tersebut dikembangkan oleh para petani sebagai wisata agro dan diversifikasi pangan. Di sana Anda dapat memetik buah Strawberry yang Anda inginkan sambil menikmati kesegaran udara pegunungan.

Strawberry sebenarnya bukan buah lokal Indonesia, ladang Strawberry pertama disemaikan di Brittany, Perancis pada 1740 silam. Kemudian dari tahun ke tahun, buah ini semakin dikenal dunia luas, termasuk Indonesia. Buah ini sebenarnya cukup mudah dikembangbiakkan, karena ia merupakan tanaman menjalar yang mudah berkembang dalam waktu yang sangat singkat. Hanya saja, tanaman Strawberry memang lebih cocok ditanam di dataran tinggi agar buahnya besar dan manis.

Namun Anda tidak perlu bingung, sekalipun Anda tinggal di dataran rendah, Anda masih bisa menikmati kelezatan buah Strawberry ini kok, karena kita dapat dengan mudah menemukannya di supermarket dan harganya pun relatif masih terjangkau.

Apa sih kehebatan buah Strawberry?

Dikenal dengan nama latin Fragaria rosaceae, buah Strawberry yang tumbuh merambat ini kaya akan vitamin C, buah ini juga mengandung fitonutrient dan antioksidan yang memerangi radikal bebas. Zat antioksidan inilah yang dipercaya memberikan warna merah menggemaskan pada buah Strawberry.

Selain itu, seperti dilansir oleh Chetday, Strawberry juga mengandung Vitamin K, mangan, Folic acid, potasium, Riboflavin, Vitamin B5, Vitamin B6, magnesium dan omega-3.

Manfaat Strawberry bagi kesehatan

Dari sisi kesehatan, kandungan nutrisi yang dimiliki Strawberry ini sangat baik untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit, di antaranya:

1. Arthritis

Pada kasus ini otot akan mengalami kemunduran, menjadi lebih kecil dan kering. Racun yang kemudian lebih mudah menyebar dan memenuhi ruangan pada otot. Dengan mengonsumsi Strawberry secara teratur, maka zat anti oksidan yang terkandung di dalamnya akan menekan bahaya penyempitan otot tersebut. Racun yang ada di dalam otot kemudian ditendang keluar dan perlahan otot kembali bisa bernafas dengan lega.

2. Kanker

Karena mengandung zat anti oksidan tentu saja Strawberry dapat membantu memerangi dan mencegah perkembangan sel kanker.

3. Kesehatan mata

Usia dan nutrisi mempengaruhi kondisi kesehatan mata. Namun dengan adanya zat anti oksidan yang dapat memerangi radikal bebas, tentunya penuaan dini bisa dicegah.

4. Kerusakan Fungsi Otak

Makanan dan lingkungan membantu penyebaran radikal bebas yang mengancam tubuh, radikal bebas tidak hanya menyebabkan penuaan dini, namun juga mengancam kondisi fungsi otak. Namun dengan adanya vitamin C dan fitonutrient tadi hal tersebut bisa dicegah.

5. Tekanan darah tinggi

Karena kandungan potasium dan zat besi, Strawberry sangat efektif menekan tekanan darah tinggi dan membuatnya lebih seimbang kembali.

6. Penyakit jantung

Karena tinggi serat, folat, vitamin C dan anti oksidan, Strawberry cukup efektif mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh, dan mencegah penyakit jantung.

Yuk kita konsumsi buah Strawberry demi kesehatan kita!

0 Response to "Khasiat Kesehatan Buah Strawberry"

Related Posts with Thumbnails