W.S Rendra

W.S Rendra
Rendra
Willibrordus Surendra Broto Rendra
Laki-Laki
Islam
Solo, Jawa Tengah, 07 November 1935

Tanggal Meninggal:
06 Agustus 2009


Biografi :

Willibrordus Surendra Broto Rendra atau populer dengan nama W.S. Rendra lahir di Solo, Jawa Tengah, 7 November 1935. Ia dikenal sebagai sastrawan ternama yang mendapat julukan 'si Burung Merak'. Kabarnya, inisial W.S berubah menjadi Wahyu Sulaiman, setelah Rendra menjadi seorang muslim.

Rendra mulai mengenal sastra saat kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Almarhum Mbah Surip, seniman nyentrik yang merupakan sahabat Rendra, menyebut Rendra dengan sebutan 'si Burung Merak Nusantara'.

Kiprahnya diawali dengan mendirikan Bengkel Teater di Yogyakarta pada 1967 dan juga Bengkel Teater Rendra di Depok, sepulangnya ia dari Amerika Serikat. Selain juga membintangi sejumlah pertunjukan teater, yang di antaranya Orang-orang di Tikungan Jalan, SEKDA, Mastodon dan Burung Kondor, Hamlet, Macbeth, Oedipus Sang Raja, Kasidah Barzanji dan Perang Troya Tidak Akan Meletus.

Rendra yang semenjak kuliah telah aktif menulis cerpen dan esai di berbagai majalah itu telah menulis ratusan cerpen, sajak dan lagu.

Bahkan bersama Yati Octavia, Rendra pernah membintangi film remaja YANG MUDA YANG BERCINTA, meski film tersebut pernah dilarang beredar karena alasan politis.

Pada 6 Agustus 2009, Rendra dipanggil Yang Maha Kuasa. Setelah sebelumnya sempat dirawat di RS Harapan Kita dan RS Mitra Keluarga, Depok akibat komplikasi, akhirnya ia menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Jenazahnya disemayamkan di rumah duka, Kompleks Pesona Kayangan Depok, Blok AV No. 5. Dan rencananya, akan dimakamkan di Bengkel Teater miliknya di Depok, Jawa Barat pada Jumat (07/08/09) selepas sholat Jumat.

Rendra pernah menikah tiga kali. Dari istri pertama ia dikaruniai 5 anak, Theodorus Setya Nugraha, Andreas Wahyu Wahyana, Daniel Seta, Sammuel Musa, dan Clara Sinta. Dari istri keduanya, ia mendapat 4 anak, Yonas Salya, Sarah Drupadi, Naomi Srikandi, dan Rachel Saraswati. Sedangkan dari istri ketiganya ia mendapat 2 anak, Isaias Sadewa dan Maryam Supraba.

0 Response to "W.S Rendra"

Related Posts with Thumbnails