Sayuran Unik

Mungkin Anda sudah bosan dengan sayuran yang itu itu saja? Sawi, kembang kol, atau bayam dan wortel? Kenapa tidak mencoba membuat sesuatu yang baru dengan beberapa sayuran unik dibawah ini? Buat Anda yang baru saja mendengar, mungkin nama dibawah ini akan terasa sangat aneh dan asing, tapi tidak ada salahnya jika kita mencoba sesuatu yang baru dan unik bukan?

Berbagai rasa dan penampilan unik yang diberikan tentunya akan membantu menghilangkan kebosanan, mari kita berbagai sejenak soal sayuran baru yang unik ini yuk...

1. Arracacha

Arracacha adalah sejenis sayuran yang didapat dengan digali dari tanah, atau masyarakat Jawa mengistilahkannya dengan polo pendhem. Begitu diambil dari tanah, penampilan sayuran yang satu ini persis banget ama mata tombak. Makanya sayuran yang satu ini dijuluki Wortel Putih.

Cara mengolahnya mirip kentang, tapi rasanya sangat berbeda. Bayangkan seledri, kacang plus kubis bakar dicampur, nah itulah rasa yang akan anda dapatkan. Arracacha kaya dengan zat besi, kalsium, dan vitamin A. Kalorinya rendah, dan sangat baik sebagai sumber karbohidrat!

2. Paku (bahasa kerennya Fiddleheads)

Sayuran ini adalah sayuran yang bentuknya unik, bentuknya digambarkan mirip dengan ujung biola (makanya namanya fiddleheads). Sayuran ini sebenarnya adalah tanaman pakis yang masih sangat muda, dan ketika di petik pada usia sangat muda dan dibersihkan dan dimasak dengan baik, maka sayuran ini akan menjadi makanan yang nikmat. Tidak hanya nikmat, ternyata sayuran ini memiliki zat gizi yang sangat tinggi, baik Vitamin A, Vitamin C dan serat.

3. Daikon (Lobak Jepang)

Sayuran sebangsa lobak ini sangat populer di Jepang, dan muncul di banyak masakan, mulai dalam masakan mie atau salada Jepang. Wajah sayuran ini mirip lonak dengan ukuran yang lebih besar. Cara memasaknya juga mudah, tinggal kupas aja, potong-potong sesuai selera dan rendam dalam air, sehingga warnanya tidak berubah, dan segera masak sesuai selera anda.

Dalam keadaan segar, sayuran ini rasanya segar dan sedikit manis. Sayuran ini ternyata rendah kalori dan mengandung vitamin C dosis tinggi. Bagi mereka yang sadar kesehatan, daikon ternyata sangat membantu pencernaan. Orang Jepang percaya bahwa daikon akan membantu memperbaiki peredaran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Kohlrabi

Pernah ketemu dengan sayuran yang satu ini? Bentuknya kaya bit raksasa dengan akar gembung bulat seukuran jeruk. Akarnya rasanya manis dan segar, seperti campuran lobak dan bengkuang. Urusan kesehatan? Jangan tanya! Kandungan vitamin C dan kalium tinggi, plus vitamin B6, asam folat, magnesium dan tembaga. Cara mengolahnya juga sederhana dan mudah, persis seperti bit, bisa digunakan untuk apa saja dan sesuai dengan kebutuhan apa saja juga.

0 Response to "Sayuran Unik"

Related Posts with Thumbnails