Honda VFR1200F, Pertama Dengan Transmisi Dual Clutch

Lihat Gambar
Memberikan stabilitas yang tinggi sekaligus kenyamanan buat pengendara mungkin adalah tujuan utama Honda saat mengonsep dual clutch transmission. Dan Honda VFR1200F ini adalah motor pertama yang mendapat kehormatan untuk memboyong sistem transmisi ini. Hasilnya, Honda menyebut Honda VFR1200F ini sebagai motor yang handal sebagai motor sport sekaligus motor yang bisa digunakan untuk touring dengan nyaman.

Honda VFR1200F

Honda VFR1200F ini pertama kali diperkenalkan pada publik lewat acara Tokyo Motor Show yang digelar pada tanggal 21 Oktober hingga 30 Oktober lalu. Produksi motor baru Honda ini sendiri dimulai bulan Oktober lalu dan diharapkan awal tahun 2010 nanti sudah bisa mulai dipasarkan. Honda VFR1200F sendiri dilepas dalam dua versi transmisi, manual dan dual clutch transmission. Secara fisik hampir tak ada beda pada dua varian ini kecuali tentu saja absennya tuas persneling pada versi dual clutch transmission.

Kelebihan dari dual clutch transmission ini sendiri adalah pada kemudahan pengoperasiannya. Pengendara tak lagi harus mengatur koordinasi antara kaki kiri, tangan kanan dan tangan kiri seperti pada konsep transmisi manual. Dengan transmisi dual clutch ini kaki pengendara tak lagi harus bergerak memindahkan transmisi. Keuntungan lain selain kemudahan ternyata adalah pada proses peralihan gigi transmisi yang berjalan lebih mulus dan lebih cepat. Karena peralihan lebih cepat maka bodi motor sama sekali tak bergerak saat peralihan ini sehingga stabilitas dan kenyamanan pengendara pun lebih terjaga.

Honda VFR1200F

Mesin V4 kebanggaan Honda dipasang sebagai penghasil tenaga dan kabarnya mesin berpendingin cair dengan kapasitas ruang bakar 1237cc ini juga mengadopsi teknologi dari generasi mesin V5 yang turun di MotoGP. Mesin handal ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 167 daya kuda pada putaran mesin 10.000 rpm dengan torsi sebesar 129 N·m pada putaran mesin 8.750rpm. Dengan tenaga sebesar itu, Honda VFR1200F ini sanggup mencapai kecepatan hingga 240km per jam lebih.

Walaupun bobot total motor ini tidak bisa dibilang ringan namun beban sebesar 267kg itu seolah tak terasa saat melibas tikungan. Kurang lebih itulah kesan Motorcycle News saat menguji coba motor baru Honda ini. Situs ini juga mengomentari masalah kualitas motor ini secara keseluruhan yang menurut mereka sangat bagus. Finishing pun berkesan modern berkat kesan glossy yang diusungnya.

Honda VFR1200F

Motorcycle USA lebih condong menyebut motor ini sebagai motor sport meski sang editor juga tak mengelak jika Honda VFR1200F ini masih bisa dibilang nyaman untuk touring. Soal 'dwi fungsi' ini, Motorcycle berkomentar Honda VFR1200F ini terlalu besar untuk disebut motor sport dan terlalu sporty untuk dibilang sebuah motor touring. Tapi yang jelas untuk mendapatkan semua itu Anda harus rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang tak sedikit karena konon Honda mematok harga awal sekitar US$15.000 atau kurang lebih setara dengan Rp142 jutaan untuk Honda VFR1200F ini.(kpl/roc)

SPESIFIKASI:

Class:Sport-touring
Engine:1237cc, liquid-cooled, four stroke UNICAM 76° V-4
Power:167 hp @ 10,000 rpm
Torque:95 lb·ft @ 8,750 rpm
Transmission:Six-speed/ Six-speed automatic with two modes and manual mode
Final Drive:Shaft
Length:2.250 mm
Width:755 mm
Height:1.220 mm
Seat height:815 mm
Wheelbase:1.545mm
Rake:25,5°
Weight:267 kg
Fuel capacity:18.5 l
Fuel consumption:15.5 km/l
Release:2010
Official Site


http://www.kapanlagi.com/a/honda-vfr1200f-pertama-dengan-transmisi-dual-clutch.html
:http://powersports.honda.com


0 Response to "Honda VFR1200F, Pertama Dengan Transmisi Dual Clutch"

Related Posts with Thumbnails